Home / Berita Sabung Ayam / TIPS DALAM TERNAK AYAM ADUAN BETET KHAS BALI

TIPS DALAM TERNAK AYAM ADUAN BETET KHAS BALI

Agen Sabung Ayam Online –  Ayam Betet adalah ayam khas dari Indonesia lebih tepatnya berada di Bali, ayam khas Bali ini tidaklah jauh berbeda dari ayam biasa lainnya dan kelebihan dari ayam ini juga sama dengan ayam lainya. Perbedaan yang mencolok dari ayam betet ini dengan ayam lainnya hanya berada di fisik nya, ayam ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan kecil.

Akan tetapi dikarenakan memiliki tubuh yang cukup kecil ayam Betet jadi memiliki kelebihan dalam kelincahan dan sangat aktif saat bertarung. Untuk di Indonesia ayam Betet terkenal dengan ke agresifan nya ayam aduan satu ini saring kali terlebih dahulu menyerang ayam lain.

Cara untuk menternak Ayam Betet hampirlah sama dengan cara ternak ayam lainnya. Berikut kami akan berikan beberapa tips dalam ternak ayam aduan Betet khas Bali:

1. Pilih Bibit Yang Sehat Dan Baik

Untuk ternak ayam aduan Betet tidak perlu memilih ayam dengan kualitas yang terlalu mahal, untuk ternak ayam Betet anda hanya perlu mencari bibit yang sehat dan tidak memiliki cacat saja. Agar mendapat kan bibit yang sehat harus anda lakukan adalah mengetahui induk dari bibit tersebut, carilah bibit dengan induk yang memiliki jengger kepala yang merah dan aktif.

2. Pilih Bibit Yang Berbulu Mengkilap

Pastikan juga memilih ayam Betet yang memiliki bulu yang bersih dan mengkilap. Jika ingin memiliki anak dari ayam jago jawara kalian bisa juga mengkawin silang kan dengan ayam Betet betina yang sehat dan berumur sekitar 5-6 bulan. Diusia seperti inilah ayam Betet betina siap untuk bertelur. Jika ingin memulai ternak ayam aduan Betet, diharapkan teliti dalam pemilihan induknya.

3. Menyiapkan Kandang

Sebelum memulai ternak ayam aduan betet, kalian harus menyiapkan kandangnya terlebih dulu. Membuat kandang ayam aduan sendiri memiliki cara khusus agar ayam agresif dan lincah. Pertama buatlah kandang yang kurang pencahayaan / lumayan gelap. Tapi tentu saja harus memberikan sirkulasi udara yang bagus serta mempunyai pencahayaan yang pas. Dan pastikan juga kandang menghadap ke arah timur agar ayam aduan Betet mendapatkan sinar matahari.

Ingat jangan sampai kandang buatan lembab. Dikarenakan kelembaban dapat memicu munculnya bakteri, sehingga dapat menyebabkan ayam terkena penyakit. Kandang buat ternak ayam Betet pun memiliki tata cara khusus terutama buat anakan.

4. Perawatan Anakan

Walaupun ayam Betet merupakan jenis ayam petarung. Teapi ayam betet biasanya akan merawat anak-anaknya, jadi biarkanlah anakan ayam Betet tetap bersama induknya selama satu minggu. Sehingga anakan betet bisa mendapatkan perawatan secara alami dari induknya. Ayam betet yang masih kecil akan sangat rentan apabila memasuki musim hujan. Jadi bungkuslah sangkar dengan kain anti air agar ayam betet tidak kedinginan.

5. Suhu Kandang

Anak ayam sebaiknya diletakkan di kandang dengan suhu hangat. Jika suhu kurang hangat bisa ditambahkan lampu di dalam kandang sehingga anak ayam tidak akan kedinginan. Dengan suhu yang pas dapat juga mempercepat pertumbuhan serta perkembangan ayam. Khusus ayam jenis ini, pastikan jika kandangnya cukup lebar mengingat ayam ini sangat aktif, lincah bahkan kemungkinan menyerang. Pada bagian alas kandang kalian bisa memberikan alas strimin berupa kawat atau bambu agar kotoran akan langsung jatuh ke bawah sehingga ayam tetap bersih.

6. Kondisi Kandang

Selalu memperhatikan perawatan dan kondisi kandang. Kandang ayam sebaiknya diberikan ruang buat mengumbar. Dengan menyediakan tempat untuk umbaran ini akan membuat ayam jadi lebih aktif dan sehat. Berbeda halnya dengan ayam yang jarang gerak akan cenderung kurang sehat. Kalian juga perlu membatasi kandang dengan membuat pagar, pagar harus dengan tinggi 1,5 hingga 2 meter. Pemberian pagar akan membuat ayam Betet terhindar dari stress.

7. Memberikan Makan yang Bernutrisi

Ayam Betet akan berkembang dengan baik jika diberikan makanan yang bernutrisi. Makanan untuk ayam Betet dan ayam biasa sedikit berbeda. karena mempunyai bentuk paruh yang lebih pendek ayam betet tidak bisa memakan beberapa jenis biji-bijian. Jika ingin ayam Betet kalian berkualitas, kalian bisa memberikan beras merah. Selain memiliki bentuk yang kecil, nutrisi yang terkandung pun jauh lebih banyak. Dapat juga dengan memberikan makanan BR. Makanan ini sedikit lebih halus dan mudah dicerna oleh ayam.

Walaupun memilih ayam Betet unggulan tetapi jika tidak dirawat dengan baik. Apalagi kurangnya nutrisi dikarenakan tidak memperhatikan makanan dan menyiapkan kandang yang pas. Jangan heran jika ayam akan mudah terkena penyakit serta memiliki kualitasn yang tidak baik.

8. Memberikan Vitamin

Pemberian suplemen atau vitamin untuk ayam juga mempengaruhi kualitas bertarung dan anaknya. Buat kalian yang ingin memelihara ayam Betet kalian bisa memberikan vitamin khusus ayam. Selain untuk menjaga kesehatan ayam, pemberian vitamin akan membuat ayam semakin aktif dan lincah bahkan jadi lebih lihai dalam menyerang.

Banyak sekali jenis vitamin ayam yang dapat di pilih agar membuat ayam Betet semakin aktif serta lebih lincah saat menyerang. Berikan vitamin khusus ayam supaya kesehatannya tetap terjagal.

About putri vania

Check Also

Cara Melihat Mata Sabung Ayam Bangkok Terbaik di Kelasnya

Cara Melihat Mata Sabung Ayam Bangkok Terbaik di Kelasnya

Bagian mata, adalah salah satu bagian penting yang perlu untuk di perhatikan, karena mata adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *