Home / Berita Sabung Ayam / Mengenal Sejarah Jenis Ayam Walik Lokal Khas Bogor

Mengenal Sejarah Jenis Ayam Walik Lokal Khas Bogor

Ketika jenis ayam lokal sudah mulai di gandrungi di Indonesia, namun belum bisa teridentifikasi berapa banyak jumlahnya, dan pengembangan lebih lanjut masih belum ada, tentu akan menjadi sebuah problem dimana setiap instansi terkait harus turun tangan dalam hal serius yang satu ini.

Mengenal Sejarah Jenis Ayam Walik Lokal Khas Bogor

Karakterisitik ayam lokal sebenarnya memang harus selalu di jaga, karena tidak mudah untuk di pastikan tersisa berapa banyak lagi jenis ayam tersebut tersisa. Tentunya harus di jaga dan di budidayakan dengan sebaik mungkin menghindari kepunahan.

Jenis Ayam Walik memilik keunikan yaitu memiliki bulu yang berbeda dengan jenis ayam lainnya, bulu ayam walik melengkung kebagian atas berbeda dengan jenis ayam lain, permukaan kulit dari jenis ayam walik juga lebar dan tidak sama dengan jenis ayam lainnya, jenis ayam warik konon, pada jaman dahulu sangat banyak di temukan di daerah Bogor, dan Sukabumi, Jawa Barat.

Bentuk tubuh dari jenis ayam yang satu ini menyamai jenis ayam kampung, memiliki warna bulu yang beraneka ragam. hitam, coklat, coklat kemerahan, coklat kekuningan, putih, blorok bintik-bintik merah dan hitam atau putih dan hitam, dan kombinasi warna lainnya. Kulit badan, sisik kaki dan paruh berwarna putih kuning atau kehitaman/kelabu tua. Jengger berbentuk tunggal atau pea, bergerigi berwarna merah.

Ukuran ayam Walik dewasa berkisar 1-3 kg. Ayam Walik dewasa cukup tahan terhadap perubahan cuaca, tetapi ayam Walik anakan kurang tahan terhadap dingin dan udara lembab, sehingga membutuhkan perawatan yang cukup baik.

Namun hal yang membuat ayam walik belum terkenalnya di masyarakat karena populasi yang terbatas hanya ada beberapa daerah tertentu saja, Itu sebabnya ayam Walik menjadi salah satu jenis ayam lokal langka yang perlu dieksplorasi. Maka dari itu eksplorasi mengenai potensi ayam Walik dan ayam Kampung penting untuk dilakukan agar ada data dasar dalam pengembangan ayam lokal Indonesia.

Tipe-Tipe Ayam Walik

  • Ayam walik sekul (Biasanya bulu tumbuh terbalik)
  • Ayam walik tulak (Biasanya bulu lebih keriting, bagian dada berwarna hitam, ekor dan juga sayap berwarna putih).
  • Ayam walik sura (Bulu berwarna hitam dan berbentuk lebih keriting)
  • Buka hanya sekedar unik dengan gaya dari bulunya ayam walik juga di kenal dengan kelebihan dimana jenis ayam satu ini memiliki kemampuan bertahan hidup di daerah yang beriklim panas. ini bisa jadi di sebabkan ayam walik memiliki bulu yang terbalik, ayam walik juga dapat meregulasikan suhu tubuhnya pada suhu lingkungan yang panas sehingga tetap merasa nyaman dalam suhu tinggi.

Demikianlah berita tentang Info Laga Ayam dan pembahasan : Mengenal Sejarah Jenis Ayam Walik Lokal Khas Bogor Salam Hangat Tim Info Agen Sabung Ayam OnlineInfo Laga Ayam.

About putri vania

Check Also

Ciri-Ciri Khas Sabung Ayam Petarung Unggul

Ciri-Ciri Khas Sabung Ayam Petarung Unggul

Setiap orang dalam memilih ayam pasti memiliki standarnya masing masing, mulai dari keturunanya, jenis sisik, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *